Apa Itu SKBN dan SKCK?

Apa Itu SKBN dan SKCK?

SKBN (Surat Keterangan Berkelakuan Baik Negara) dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) adalah dua dokumen yang seringkali dibutuhkan untuk berbagai keperluan di Indonesia, mulai dari melamar pekerjaan hingga melanjutkan studi.

Apa itu SKBN?

SKBN adalah surat keterangan dari kepolisian yang menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki catatan buruk dalam hal perilaku atau tindakan kriminalitas.

Dalam pengajuan SKBN, biasanya calon pemohon akan diminta untuk mengisi formulir dan menyerahkan dokumen seperti KTP, KK, serta surat pernyataan yang menyatakan bahwa dirinya belum pernah terlibat dalam kasus tindak pidana atau pelanggaran hukum lainnya.

Setelah itu, petugas kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap data yang ada dalam sistem informasi kepolisian, mulai dari catatan pelanggaran hukum hingga data kependudukan.

See also  Memperpanjang SKCK 2023

Jika ternyata data yang ditemukan tidak menunjukkan adanya catatan buruk, maka petugas kepolisian akan menerbitkan SKBN tersebut.

Apa itu SKCK?

SKCK adalah surat keterangan dari kepolisian yang menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminalitas atau pernah terlibat dalam tindak pidana.

Dalam pengajuan SKCK, calon pemohon biasanya akan diminta untuk mengisi formulir dan menyerahkan dokumen seperti KTP, KK, serta pas foto terbaru.

Setelah itu, petugas kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap data yang ada dalam sistem informasi kepolisian, mulai dari catatan pelanggaran hukum hingga data kependudukan.

Jika ternyata data yang ditemukan tidak menunjukkan adanya catatan buruk, maka petugas kepolisian akan menerbitkan SKCK tersebut.

See also  Berkas SKCK Bisa Kita Dapatkan Di Mana Saja?

Perbedaan antara SKBN dan SKCK

Meskipun keduanya adalah surat keterangan dari kepolisian, namun terdapat perbedaan di antara keduanya. SKBN menunjukkan bahwa seseorang berkelakuan baik secara umum, sedangkan SKCK menunjukkan bahwa seseorang tidak pernah terlibat dalam tindak pidana atau pelanggaran hukum.

Dalam beberapa kasus, salah satu atau keduanya bisa dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti melamar kerja atau mendaftar kuliah.

Cara mendapatkan SKBN dan SKCK

Untuk mendapatkan SKBN dan SKCK, calon pemohon biasanya harus datang ke kantor kepolisian terdekat dan mengajukan permohonan dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Setelah itu, petugas kepolisian akan melakukan pemeriksaan dan jika ternyata tidak ada catatan buruk atau kejahatan, maka SKBN atau SKCK akan diterbitkan.

See also  Bagaimana Cara Memperpanjang SKCK di Polsek?

Proses penerbitan SKBN dan SKCK bisa memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung dari kebijakan dari kepolisian setempat.

Kesimpulan

SKBN dan SKCK adalah surat keterangan dari kepolisian yang menunjukkan bahwa seseorang berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas. Keduanya bisa dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti melamar kerja atau mendaftar kuliah. Untuk mendapatkan SKBN dan SKCK, calon pemohon harus datang ke kantor kepolisian terdekat dan mengajukan permohonan dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.