Cara Membuat Dokumen Sidik Jari SKCK

Cara Membuat Dokumen Sidik Jari SKCK

Membuat dokumen sidik jari SKCK merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang yang ingin bepergian ke luar negeri atau memerlukan dokumen penting lainnya. SKCK sendiri adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian, dan dokumen ini berisi informasi mengenai catatan kepolisian seseorang. Untuk membuat dokumen sidik jari SKCK, ada beberapa langkah yang harus diikuti, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Siapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat dokumen sidik jari SKCK cukup sederhana. Pertama-tama, Anda harus memiliki KTP asli dan fotokopi. Selain itu, Anda juga perlu membawa pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar, dan formulir pembuatan SKCK yang bisa diambil langsung di kantor kepolisian.

See also  Buka Sampai Jam Berapa Pembuatan SKCK

2. Datang ke Kantor Kepolisian

Setelah Anda menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah pergi ke kantor kepolisian terdekat. Pastikan Anda datang pada jam kerja kantor kepolisian agar tidak terjadi penundaan dalam pembuatan dokumen sidik jari SKCK. Biasanya, jam kerja kantor kepolisian dimulai pada pukul 08.00 pagi dan berakhir pada pukul 16.00 sore. Namun, jam kerja kantor kepolisian bisa berbeda-beda di setiap daerah.

3. Isi Formulir Pembuatan SKCK

Selanjutnya, Anda perlu mengisi formulir pembuatan SKCK dengan lengkap dan benar. Pastikan tidak ada kesalahan dalam pengisian formulir ini, karena hal ini bisa mempengaruhi proses pembuatan dokumen sidik jari SKCK Anda.

See also  Pembuatan SKCK Online Sidoarjo

4. Ambil Sidik Jari

Setelah pengisian formulir selesai, petugas kepolisian akan mengambil sidik jari Anda menggunakan alat khusus. Sidik jari ini nantinya akan digunakan untuk memproses pembuatan dokumen sidik jari SKCK Anda.

5. Tunggu Proses Pembuatan SKCK Selesai

Setelah sidik jari diambil, Anda perlu menunggu proses pembuatan SKCK selesai. Lama waktu pembuatan dokumen sidik jari SKCK bisa bervariasi, tergantung dari banyaknya permintaan di kantor kepolisian. Namun, biasanya dokumen ini bisa selesai dalam waktu 2-3 hari kerja.

6. Ambil Dokumen SKCK

Setelah proses pembuatan selesai, Anda bisa mengambil dokumen sidik jari SKCK Anda langsung di kantor kepolisian. Pastikan Anda membawa KTP asli saat mengambil dokumen ini.

See also  Cara Buat SKCK Online Bogor

Kesimpulan

Membuat dokumen sidik jari SKCK bisa dilakukan dengan mudah, asalkan Anda menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan dengan benar dan tidak ada kesalahan dalam pengisian formulir pembuatan. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatan bisa berbeda-beda di setiap kantor kepolisian, sehingga Anda perlu mengecek waktu kerja kantor kepolisian di daerah Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat dokumen sidik jari SKCK dengan mudah dan praktis.