Cara Perpanjang SKCK di Palembang

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Dokumen ini digunakan untuk menunjukkan bahwa pemiliknya tidak memiliki rekam jejak kriminal atau memiliki rekam jejak kriminal yang bersifat tidak mengancam keamanan masyarakat.

Jika Anda berada di Palembang dan memerlukan perpanjangan SKCK, berikut adalah cara-cara yang harus Anda lakukan:

Mendaftar Online

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memperpanjang SKCK Anda adalah mendaftar secara online. Kunjungi situs web resmi Kepolisian Republik Indonesia di https://sim.korlantas.polri.go.id/sim/ dan klik tombol “Pendaftaran Baru”. Isilah formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta, termasuk nama lengkap, nomor KTP, dan tanggal lahir.

Setelah mengisi formulir, Anda akan menerima nomor registrasi yang harus Anda simpan dengan baik. Nomor registrasi ini akan digunakan untuk mengakses data Anda dalam proses perpanjangan SKCK.

See also  Berkas Perpanjangan SKCK 2023

Membayar Biaya Pendaftaran

Setelah mendaftar secara online, langkah selanjutnya adalah membayar biaya pendaftaran. Anda dapat membayar biaya ini melalui transfer bank atau dengan cara langsung datang ke kantor polisi terdekat.

Setelah membayar biaya pendaftaran, Anda akan menerima bukti pembayaran yang harus Anda simpan dengan baik. Bukti pembayaran ini akan digunakan untuk mengakses data Anda dalam proses perpanjangan SKCK.

Mengambil Sidik Jari dan Foto

Setelah mendaftar secara online dan membayar biaya pendaftaran, langkah selanjutnya adalah mengambil sidik jari dan foto Anda. Anda dapat melakukannya di kantor polisi terdekat.

Pastikan Anda membawa dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan bukti pembayaran pendaftaran. Setelah sidik jari dan foto diambil, Anda akan menerima bukti pengambilan sidik jari dan foto yang harus Anda simpan dengan baik.

See also  Apakah Pembuatan SKCK Bisa Online?

Menunggu SKCK

Setelah mengambil sidik jari dan foto, Anda harus menunggu SKCK Anda selesai diproses. Biasanya, proses ini memakan waktu sekitar 5-7 hari kerja.

Jika SKCK Anda sudah selesai diproses, Anda dapat mengambilnya di kantor polisi terdekat dengan membawa KTP dan bukti pengambilan sidik jari dan foto.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memperpanjang SKCK di Palembang:

  • Pastikan Anda memiliki dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan bukti pembayaran pendaftaran.
  • Jangan lupa untuk membawa bukti pengambilan sidik jari dan foto ketika mengambil SKCK Anda di kantor polisi terdekat.
  • Proses perpanjangan SKCK memakan waktu sekitar 5-7 hari kerja, jadi pastikan Anda memiliki waktu yang cukup sebelum SKCK Anda habis masa berlakunya.
See also  SKCK Melamar Pekerjaan Swasta

Kesimpulan

Memperpanjang SKCK di Palembang tidak sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pastikan Anda memiliki dokumen yang diperlukan dan siapkan waktu yang cukup untuk proses perpanjangan SKCK.

Dengan memiliki SKCK yang valid, Anda akan merasa lebih aman dan tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk memperpanjang SKCK Anda secara teratur setiap kali masa berlakunya habis.